Thursday, February 15, 2018

5 Tips Memilih Kosmetik Yang Aman dan Halal

Alaibu.com - Memiliki penampilan yang menarik tentu menjadi keinginan para perempuan. Beberapa perempuan memilih menggunakan alat kosmetik untuk menunjang penampilan mereka. Apalagi belakangan ini, rasanya menggunakan make up sudah bukan hal yang aneh atau jarang digunakan lagi. Hampir setiap hari para perempuan menggunakan make up agar terlihat lebih cantik dan dapat membuat rasa percaya diri datang. Namun, karena digunakan setiap hari maka anda harus memilih alat kosmetik yang aman sehingga tidak memberikan efek samping berbahaya. Pasalnya beberapa alat kosmetik digunakan dari bahan yang berbahaya dan memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh anda. Berikut ini beberapa tips memilih kosmetik untuk perempuan;

1.Utamakan kosmetik halal
Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah mengutamakan kosmetik yang halal, apalagi untuk anda yang muslim. Sebagian produk kosmetik biasanya mencantumkan label halal pada produknya. Label halal tersebut akan memiliki nomor sertefikasi halal dari LPPOM MUI (Lembaga Sertifiksi Halal di Indonesia). Jika sudah ada label halal, maka kandungan yang digunakan bisa dikatakan aman dan sehat. Jadi tidak akan memberikan efek samping buruk ketika digunakan sehari — hari.

2.Ada nomor BPOM
Nomor BPOM menjadi hal kedua yang sangat penting ketika memilih alat kosmetik. BPOM merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang melegalkan kosmetik yang aman untuk digunakan. Tidak hanya ada pada kosmetik tetapi juga ada pada produk makanan. Jika anda akan membeli kosmetik, maka pastikan terlebih dahulu bahwa memiliki kodel legal agar menggunakannya tetap aman. Namun, tidak hanya melihatnya saja, anda juga harus memeriksa kode BPOM tersebut. Beberapa produsen kosemetik yang nakal biasanya memalsukan kode BPOM. Masuk pada situs BPOM dan pastikan kode tersbut memang resmi. Caranya dengan memasukan kode produk atau nama dari produk yang dibeli.

3.Tercantum tanggal kadaluarsa
Selanjutnya, tips memilih kosmetik untuk perempuan yang aman dengan melihat apakah ada tanggal kadaluarsa pada kemasan produk. Tanggal kadaluarsa sangat penting untuk mengetahui berapa lama produk tersebut anda gunakan. Jika tidak ada tanggal kadaluarsa maka bisa jadi kosmetik tersebut tidak aman dan tidak sehat. Hal ini biasanya sering diabaikan namun sangat penting untuk menjaga kesehatan kuit anda.

4.Perhatikan komposisi kosmetik
Hal lainnya yang juga sangat penting adalah memperhatikan komposisi yang pada kosmetik. Beberapa bahan yang berbahaya akan memberikan efek samping yang kurang baik. Jika kosmetik yang anda gunakan sudah memiliki izin resmi dari BPOM maka komposisi yang digunakan aman. Namun, untuk memastikannya anda bisa melihat pada kemasan produk apa saja komposisi yang digunakan. Ada beberapa bahan yang harus dihindari seperti; merkuri, hidroquinon, rhodamin, dan beberapa kandungan lainnya. jika ada bahan yang tidak diketahui, maka anda bisa menanyakan pada customer service toko komsetik yang akan memberikan penjelasan.

5.Adanya nama dan alamat produksi
Nama dan alamat produksi menjadi hal perlu diperhatikan. Jika produk kosmetik yang anda beli tidak memiliki nama dan alamat produsen maka sebaiknya tidak digunakan. Produk yang jelas akan memberikan cantuman nama dan alamat produksi, hal tersebut menjadi salah satu tanda bahwa kosmetik tersebut aman untuk digunakan. Tidak hanya itu, biasanya juga akan dicantumkan nomor pengaduan yang dapat dihubungi untuk menanyakan seputar produk kosmetik tersebut.

Itulah beberapa informasi tips memilih kosmetik untuk perempuan yang aman untuk anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber : http://dermature.net/6-cara-memilih-kosmetik-yang-aman-dan-sehat/


EmoticonEmoticon