Monday, March 5, 2018

Resep Masakan Cimol Khas Bandung Yang Enak

Cimol basah atau cimol kering merupakan perbedaan pada kreasi dan variasi bumbu pada saat disajikan. Jika cimol basah dengan siraman saus seperti saus kacang, sedangakan cimol kering ditaburi dengan bumbu cabe bubuk dengan rasa pedas atau aneka rasa yang lainnya.

Resep membuat cimol tentu saja beberapa tips dan trik agar cimol tidak meledak saat digoreng, mengembang dan tidak keras serta tahan lama tidak mudah menciut atau melempem karena  harus hati-hati apabila caranya tidak tepat maka akan terjadi perang di dalam dapur atau cimol akan meletus-letus.

RESEP CIMOL BANDUNG YANG LEZAT
https://www.instagram.com/p/BL0Nok3gt3_/

Cara yang tepat  menggoreng cimol sederhana dimulai dengan memasukkan bulatan-bulatan adonan yang akan  digoreng dalam minyak secukupnya agar cimol terendam, kemudian api kompor dinyalakan dengan menggunakan api sedang dan tutup wajan hingga matang dan beraroma harum dan sesekali dibuka untuk diaduk agar matangnya merata.

Tahap Selanjutnya dengan sisa minyak panas di atas api kecil tersebut kita sudah bisa melanjutkan menggoreng adonan-adonan cimol berikutnya karena suhu minyak sudah stabil.

Untuk menghasilkan tekstur cimol tidak keras, takaran air juga berpengaruh penting. Oleh sebab itu menuangkan air dilakukan sedikit demi sedikit, tambahkan air bila dirasa masih kurang dan kurangi jika adonan sudah cukup kalis.

Bahan dan bumbu yang digunakan  :
500 gram tepung aci/ tapioka
350 ml air panas mendidih
1 sdt fermipan larutkan dengan air hangat secukupnya
1 sdt garam
1 sdt bumbu penyedap
1 sdt merica
4 siung bawang putih dihaluskan
minyak untuk menggoreng
CARA MEMBUAT CIMOL GORENG KERING :
1. Campurkan bahan dan aduk rata tepung aci, garam, penyedap, merica, dan bawang putih halus. Tuangkan  air panas dengan cara sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai tidak menempel di tangan. Masukkan fermipan yang tadi sudah dilarutkan, aduk hingga rata dan kalis atau adonan bisa dibentuk diamkan 15 menit saja. Ambilah sedikit adonan remas-remas lalu bentuk bulat-bulat kecil sebesar kelereng hingga adonan habis.
2. Siapkan alat wajan di atas kompor, masukkan minyak dan cimol hingga terendam. Tutupah wajan kemudian nyalakan api kecil, masak dengan sesekali diaduk-aduk sekitar 15 menit atau hingga matang dan adonan mengambang.
3. Angkat dan tiriskan cimol dari minyak goreng, kemudian lanjutkan dengan memasukkan adonan cimol berikutnya tanpa merubah api kompor. Sajikan cimol dengan taburan bumbu kering rasa pedas atau aneka rasa yang  lainnya.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon